Terapkan Proses Belajar di Luar Sekolah, SMA Negeri 9 Jeneponto Kunjungi PLTU Punagaya


Nur Jelita Putri. Jeneponto-BACA. Senin, 26 Agustus 2024. Pukul 22.36 WITA.

Gambar 1: Foto bersama guru, siswa(i) SMA Negeri 9 Jeneponto dengan staff PLTU Punagaya

Terapkan proses belajar di luar sekolah, SMA Negeri 9 Jeneponto kunjungi PLTU Punagaya. Tepat pada hari Jumat, 23 Agustus 2024, siswa(i) SMA Negeri 9 Jeneponto, khususnya kelas XII berkunjung  ke PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yang berlokasi di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran fisika yang dilaksanakan di luar sekolah dan bertujuan untuk mengetahui prinsip serta lingkup kerja PLTU. 

Gambar 2: Dokumentasi pemaparan latar belakang seputar PLTU

Dalam kunjungan itu, para staff PLTU menyambut dengan baik kedatangan rombongan SMA Negeri 9 Jeneponto. Kegiatan dimulai dengan pemaparan latar belakang seputar PLTU, mulai dari sejarah dibentuknya PLTU Punagaya, bahan bakar yang digunakan, dan hal-hal lain seputar PLTU. Di sesi pengenalan ini, para siswa(i) sangat bersemangat dan berlomba-lomba untuk mengajukan pertanyaan. Setelah pengenalan, para siswa(i) dipandu oleh staff PLTU untuk melihat bagaimana proses pengerjaan batu bara sehingga menjadi listrik yang disuplai ke sistem wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat bahkan sampai ke sistem wilayah Sulawesi bagian Tenggara. 

Gambar 3: Penyerahan tanda terima kasih kepada PLTU Punagaya

"Harapan saya untuk para siswa ini sebagai generasi penerus bangsa atau sebagai penerus yang khususnya bisa masuk ke PLN juga sehingga dapat bekerja di PLN sebagai penerus penyuplai listrik di Nusantara," ucap Bapak Muhammad Arif Alam selaku Officer SDM di PLN NP PUNAGAYA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini