Sharing Ilmu, Pengisian SKP 2022 Menjadi Ajang Temu Berfaedah.


Nasridawaty – Jeneponto BACA, 21 Januari 2023,  21:28 WITA 

Gambar 1. Pendampingan pengisian SKP 2022


Sharing ilmu, pengisian SKP 2022 menjadi ajang temu berfaedah. Pengisian SKP 2022 berakhir pada tanggal 21 Januari 2022. Hal ini tentu saja membuat para guru dan pegawai berbondong-bondong untuk segera menuntaskan pengisian SKP yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan kinerja pegawai.  

SKP pada dasarnya adalah Sasaran Kinerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kinerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. SKP berisi rencana dan target kinerja yang dibuat oleh pegawai yang kemudian harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Target tersebut ditentukan, diketahui, serta disetujui oleh pimpinan pegawai yang bersangkutan berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing. 

Gambar 2. Format SKP tahun 2022

SKP 2022 memiliki perbedaan dengan SKP tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya, penyusunan SKP dilaksanakan dari bawahan ke atasan, maka untuk SKP tahun 2022 dilakukan secara berjenjang dari Jabatan Pimpinan Tinggi ke Jabatan Administrasi dan kemudian dilanjutkan ke Jabatan Fungsional. Orientasi penilaian pun berubah, jika sebelumnya berorientasi pada proses, maka SKP tahun 2022 berorientasi pada hasil.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pengisian SKP 2022 dilakukan secara digitalisasi dengan mengakses laman https://e-kinerja.bkn.go.id. Khusus untuk SMA Negeri 9 Jeneponto, pengisian e-kinerja dilakukan secara serentak oleh seluruh guru dan staff yang berstatus PNS maupun PPPK pada Jumat, 20 Januari 2023 di ruang guru SMA Negeri 9 Jeneponto. Tak hanya itu, SMAN 9 Jeneponto juga menjadi tuan rumah dalam berbagi ilmu pengisian SKP.  Beberapa guru dan kepala sekolah di kawasan Binamu dan sekitarnya turut datang dan secara bersama-sama mengerjakan SKP. Pengisian SKP ini dibimbing langsung oleh Kepala SMA Negeri 9 Jeneponto, bapak Dahlan, S.Pd., M.Pd. dan bapak Baharuddin S.Pd., Wakasek Bagian Kurikulum SMA Negeri 9 Jeneponto.

Gambar 3. Proses pengisian e-kinerja/SKP 2022

2 komentar:

Ayo tulis komentar anda disini