Bersama Kriya, Wahyu Merangkai Lammang Menuju Provinsi


Andi Zulfa Aqilah. Jeneponto - BACA. Selasa, 30 Juli 2024. Pukul 15.55 WITA.
Gambar 1: Dokumentasi siswa SMA Negeri 9 Jeneponto mempresentasikan karyanya

Bersama Kriya, Wahyu merangkai Lammang menuju Provinsi. Tepat pada tanggal 29 Juli 2024, DISPORA (Dinas Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Jeneponto melaksanakan lomba Kreativitas Pemuda tingkat Kabupaten Jeneponto, di Aula Hotel Sari, Kalukuang. Tujuan diadakannya lomba ini yakni untuk melihat bagaimana tingkat partisipasi para pemuda yang ada di kabupaten Jeneponto sebagai invator masa depan dengan semua ide-ide dan inovasi yang nantinya dapat terwujud melalui lomba ini.

Perlombaan ini diikuti oleh orang-orang dari kecamatan yang berbeda-beda dengan bidang lomba yang beragam, UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto juga mengikut sertakan siswa-siswinya untuk ikut serta dalam perlombaan tersebut terutama pada bidang nyanyi solo, desain grafis dan kriya. Dalam perlombaan tersebut, juri akan memilih masing-masing satu orang perwakilan disetiap bidang untuk mewakili Jeneponto dan Muh. Rezky Wahyu Hidayat Amir dengan miniatur Lammangnya berhasil mengambil kursi menuju jenjang Provinsi dalam bidang perlombaan kriya. 
Gambar 2: Foto bersama para juara dan dewan juri

Wahyu tentu merasa bangga dapat mewakili dan mempresentasikan kearifan lokal dari kabupaten Jeneponto. Dengan dukungan penuh dari sekolah, membuat Wahyu merasa senang dan bersemangat membuat karya yang lebih baik dan lebih unik lagi. Alasan Wahyu memilih Lammang sebagai kriyanya guna mengingatkan remaja sebayanya bahwasanya Jeneponto memiliki makanan khas yang menjadi daya tarik masyarakat luar. Dalam karyanya, ia menyelipkan sepenggal kalimat dalam huruf lontarak yang bertuliskan “Kanrena tau rioloa” yang artinya makanan orang dulu. 

Wahyu berharap semoga ia bisa memperoleh hasil yang maksimal. Saat ini ia sedang mempersiapkan dirinya untuk mengikuti jenjang provinsi yang akan diadakan pada tanggal 2 Agustus nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini