Kenali Lebih Dekat Ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto


St. Annisa Ainiyyah Nurdin. Jeneponto – BACA, 30 Juli 2024, 21.00 WITA.

Kenali lebih dekat ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto. Ekstrakurikuler ini didirikan pada tahun 2013. Saat ini, ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto diketuai oleh Muh. Heriansyah. Visi dari ekstrakurikuler ini yaitu menjadikan ekstrakurikuler Paskibra yang peduli pada lingkungan sekitar, disiplin, dan profesional. Untuk mencapai visi tersebut, ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto memiliki beberapa misi diantaranya melatih sikap disiplin setiap anggota, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan solidaritas yang tinggi antarsesama anggota, memberikan bekal pengetahuan mengenai unsur dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada setiap anggota agar dapat memahami materi PBB lebih dalam, serta  menjadikan anggota Paskibra mampu melakukan baris berbaris dengan baik dan tepat.

Gambar 1: Foto bersama anggota Ekstrakurikuler Paskibra Unit 109

Ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto telah meraih banyak prestasi, seperti Juara 1 Pasdel ASMARA dan Juara 2 LKBB ASMARA. Selain itu, tahun ini salah satu anggota ekstrakurikuler Paskibra lolos ke Paskibraka Tingkat Provinsi, inilah yang menjadi salah satu faktor banyaknya siswa(i) yang mendaftar di ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto. Frekuensi jumlah pendaftar ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri dari tahun ke tahun hingga 2024 ini mengalami kenaikan. Untuk tahun ini, ada sekitar 32 orang siswa(i) yang mendaftar ekstrakurikuler Paskibra. Rata-rata siswa(i) yang mendaftar di ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri Jeneponto bertujuan untuk mengikuti seleksi dan lolos Paskibraka Kabupaten. 

Namun, beberapa tahun terakhir, banyak siswa(i) yang bukan merupakan anggota ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto lolos Paskibraka Kabupaten, sedangkan anggota ekstrakurikuler Paskibra sendiri ada beberapa yang tidak lolos Paskibraka Kabupaten. Ini disebabkan kebijakan sekolah yang mengizinkan siapa saja peserta didik yang memenuhi syarat berhak mengikuti seleksi Paskibraka Kabupaten. Tidak ada larangan untuk siapa saja yang dapat mengikuti seleksi dan bagi yang mengikuti seleksi Paskibraka Kabupaten akan dilatih oleh pengurus ekstrakurikuler Paskibra. Untuk anggota ekstrakurikuler Paskibra telah memiliki kemampuan dasar untuk menjadi anggota Paskibraka Kabupaten, namun banyaknya syarat dan panjangnya seleksi membuat tidak semua anggota ekstrakurikuler Paskibra bisa lolos. Hal tersebut mendorong ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 Jeneponto membuat program pelatihan fisik dan teknik baris berbaris untuk seluruh siswa(i) yang ingin ikut seleksi Paskibraka Kabupaten.

Gambar 2: Dokumentasi proses latihan Ekstrakurikuler Paskibraka

”Harapan bapak sebagai Pembina adalah seluruh siswa dapat bersinergi dengan ekstrakurikuler Paskibra dan selalu terdepan, patuh dengan tata tertib dan menjadi contoh bagi seluruh warga sekolah SMA Negeri 9 Jeneponto”, ucap Bapak Enoswandi, S.Pd., Gr selaku Pembina ekstrakurikuler Paskibra Unit 109 SMA Negeri 9 Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini