Undang Duta Baca Kabupaten Jeneponto, Jurnalistik SMA Negeri 9 Jeneponto Kembali Rancang Penyusunan Buku Antologi


Nur Jelita Putri. Jeneponto -BACA. Senin, 20 Mei 2024. Pukul 21.53 WITA.

Undang Duta Baca Kabupaten Jeneponto,  Jurnalistik SMA Negeri 9 Jeneponto kembali rancang penyusunan buku antologi. Tepat pada Sabtu, 18 Mei 2024 bertempat di ruang kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 9 Jeneponto, Ekstrakurikuler Jurnalistik mengadakan pelatihan penulisan buku antologi cerpen dengan mengusung tema "Kisah Kasih di Sekolah". Pelatihan ini merupakan langkah awal terhadap realisasi program Ektrakurikuler dan OSIS dalam hal peningkatan literasi siswa. Dihadiri oleh Kepala UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto, Bapak Irwanto, S.Pd., M.M., Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik, Ibu Nasridawaty, S.Pd., Gr., Duta Baca Kabupaten Jeneponto,  Bapak Bukamaruddin, S.S., serta puluhan siswa, kegiatan ini sukses terselenggara. 

Gambar 1: Foto bersama peserta pelatihan

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi para peserta agar dapat menghasilkan sebuah karya yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan hiburan kepada masyarakat. 

Gambar 2: Pemberian materi oleh Bapak Bukamaruddin, S.S.

Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi oleh Bapak Bukamaruddin mengenai cara menentukan langkah-langkah membuat antologi cerpen, dimulai dari menentukan ide cerita, membuat kerangka karangan serta langkah-langkah selanjutnya. Tak hanya itu, pemateri juga memberikan contoh cerpen agar peserta dapat menentukan struktur dari cerita tersebut. Selanjutnya, dilaksanakan pula praktik membuat cerpen guna mendorong kreativitas dan berpikir kritis para peserta. 

Gambar 3: Dokumentask praktik membuat cerpen

"Semoga apa yang saya sampaikan bisa dipahami, dan ilmu yang didapatkan di simpan baik-baik karena kelak mungkin bisa dibagikan kepada orang lain," ucap Bapak Bukamaruddin, S.S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini