Adakan Pelatihan dan Praktik P3K, PMR UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto Siap Menjadi Suka Relawan


Muh. Khairul Arham. Jeneponto - BACA. Selasa, 20 Mei 2024. Pukul 19.56 WITA.

Adakan pelatihan dan praktik P3K, PMR UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto siap menjadi suka relawan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 Mei 2024, di ruang kelas XI MIPA 2 UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang serta melatih keterampilan dasar dalam pertolongan pertama pada korban kecelakaan atau kondisi darurat medis, meningkatkan kepedulian juga kemampuan siswa dalam bekerja sama dan melatih kesiapsiagaan peserta dalam menghadapi situasi darurat. 

Gambar 1: Foto bersama para tamu undangan

Sesuai dengan temanya "Semangat Kemanusiaan Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Palang Merah yang Tanggap, Terlatih, Berkarakter dan Profesional" kegiatan diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan anggota PMR dalam memberi aksi cepat pertolongan pertama.  Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto, yaitu Bapak Irwanto, S.Pd., M.M., Pembina Ekstrakurikuler PMR,  Bapak Khairuddin Khamid dan  ibu Riska Dewi, S.Pd. 

Gambar 2: Dokumentasi kegiatan pelatihan

Pada pelatihan kali ini,  terdapat dua orang pemateri   yakni Khaerullah Sahran dan Bahmi. Materi yang disampaikan mencakup langkah taktis dalam P3K seperti cara menangani luka ringan, cara membalut luka menggunakan mitella dan cara mengangkat korban dan beberapa materi lainnya. Selain itu, para peserta   diberi kesempatan untuk mempraktekkan langkah-langkah pertolongan pertama. 

Gamabr 3: Dokumentasi absensi peserta

"Saya berharap PMR dapat terus meningkatkan keterampilan P3K sehingga dapat memberikan respon yang cepat dan tanggap saat terjadi kecelakaan dan bencana, juga dapat menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan", ucap Insyirah Nabila selaku Ketua PMR UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini