Peringatan Hardiknas 2024, SMA Negeri 9 Jeneponto Gelar Pertunjukan hingga Festival Literasi


Andi Annisa Nur Sakinah. Jeneponto-BACA. Kamis, 2 Mei 2024. Pukul 15.22 WITA

Peringati Hardiknas 2024, SMA Negeri 9 Jeneponto Gelar Pertunjukan hingga Festival Literasi pada hari ini, Kamis, 2 Mei 2024 di lapangan upacara SMA Negeri 9 Jeeneponto. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tahunnya di Indonesia untuk menghargai pentingnya peran pendidikan dan seluruh instrumennya dalam memajukan bangsa. Tema Hardiknas 2024 yang diusung oleh pemerintah adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar."

Gambar 1: Foto bersama perwakilan siswa(i) yang memakai baju adat

Menindaklanjuti hal tersebut, UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto laksanakan upacara peringatan Hardiknas, pada Kamis, 02 Mei 2024, di Lapangan Upacara. Berlangsung dengan khidmat, Bapak Baharuddin, S.Pd., selaku Wakasek Kurikulum menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., terkait Merdeka Belajar di Indonesia.

Gambar 2: Dokumentasi upacara Hari Pendidikan Nasional 

Beberapa persembahan dari siswa(i) juga turut memeriahkan Hardiknas kali ini, seperti penampilan Dance Smaphore dari Ambalan Kr. Sicini dan Kr. Somba, Seni tunggal beladiri Pencak Silat oleh Andi Sakinah Nur Annisa, dan Tari Tombak dari X Jalil Sikki. Terakhir, penampilan fashion show oleh siswa(i) dan guru-guru UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto yang memakai pakaian adat.

Gambar 3: Dokumentasi upacara Hari Pendidikan Nasional pada saat berdo'a bersama

Serangkaian dengan peringatan Hardiknas 2024, OSIS UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto gelar Festival Literasi. Kegiatan ini merupakan program Divisi Pendidikan yang melibatkan pelajar SMP se-Kec. Binamu, Kab. Jeneponto. Dilaksanakan di Lab. Kimia UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto, kegiatan ini dihadiri oleh 15 peserta dari 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Gambar 4: Foto bersama seluruh peserta Festival Literasi

Acara inti dari Festival Literasi 2024 adalah membedah buku "Daeng, Baji Bukan Parakang" karya siswa(i) UPTD SMA Negeri 9 Jeneponto, dengan pembedah buku yaitu, Bapak Khairuddin Hamid, S.Pd., M.Pd. Selain itu, kegiatan ini diisi dengan beberapa penampilan dari OSIS yang berbasis literasi, seperti pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan literasi untuk menghadapi masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini