Pembagian E-KTP Kepada Pemilih Pemula Dalam Rangka Menyambut PJ Gubernur Sulawesi Selatan


Andi Zulfa Aqilah. Jeneponto - BACA. Minggu, 04 Februari 2024. Pukul 14.59 WITA

Pembagian e-KTP kepada pemilih pemula dalam rangka menyambut PJ. Gubernur Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 03 Januari 2024. Kunjungan dari PJ. Gubernur Sulawesi Selatan, yakni Bapak Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. ini dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturahmi di Butta Turatea, Kabupaten Jeneponto. Beliau didampingi oleh PJ. Bupati Kabupaten Jeneponto, yakni Bapak Junaedi B, S.Sos., MH.

Gambar 1: Pembagian E-KTP kepada pemilih pemula

Adapun susunan acara pada kegiatan tersebut, salah satunya penyerahan e-KTP kepada pemilih pemula. Muh. Fahkri Al-Khair, Andi Radian Sirat, dan Dwi Putra Aryanto berkesempatan menjadi perwakilan dari UPT SMA Negeri 9 Jeneponto. 

Gambar 2: Penyerahan E-KTP kepada pemilih pemula perwakilan dari UPT SMA Negeri 9 Jeneponto

Dilansir dari id.m.wikipedia.org, e-KTP merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik, dimana tentu saja kartu ini dibuat secara elektronik dalam artian baik dalam segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Program e-KTP ini diluncurkan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2009 dengan ditunjuknya empat kota sebagai proyek percontohan nasional yaitu Padang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar. Pada Februari 2011, secara resmi diluncurkan ke wilayah lainnya.

Menurut wantiknas.go.id, fungsi dari e-KTP ini tidak lain sebagai identitas jati diri yang bersifat nasional yang dapat digunakan untuk mengakses layanan publik, khususnya yang membutuhkan syarat-syarat administratif, seperti mendaftar asuransi kesehatan, membuka rekening bank, dan tentu saja ikut dalam pemilihan umum.

Gambar 3: Foto tim Jurnalistik SMA Negeri 9 Jeneponto bersama dengan PJ Gubernur Sulawesi Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini