Siapkan Calon Ibu Berkualitas, Remaja Putri SMA Negeri 9 Jeneponto Ikuti Imunisasi Tetanus Diphteria


Gambar 1: Siswi SMA Negeri 9 Jeneponto yang diimunisasi oleh pihak puskesmas Bontosunggu Kota.

Andi Zulfa Aqilah - Jeneponto BACA, 19 Desember 2023, 21.05 WITA.

Siapkan calon ibu berkualitas, remaja putri SMA Negeri 9 Jeneponto ikuti Imunisasi Tetanus Diphteria. Pada Senin, 18 Desember 2023, Puskesmas Bontosunggu Kota mengadakan Imunisasi TD (Tetanus Diphteria) untuk wanita usia subur di UPT SMA Negeri 9 Jeneponto. Imunisasi TD (Tetanus Diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT (Diphteria Tetanus) yang manfaatnya agar wanita usia subur semakin kebal terhadap penyakit tetanus, seperti Tetanus Difteri dan batuk rejang. Kategori wanita usia subur yaitu berusia 15 - 49 tahun.

Imunisasi ini diselenggarakan setiap tahunnya karena merupakan program Kementrian Kesehatan Indonesia. Pada tahun 2020, program ini sempat dihentikan karena munculnya Covid-19, barulah pada tahun 2023 program ini kembali diselenggarakan. Kurang lebih 130 orang siswi SMA Negeri 9 Jeneponto yang mengikuti kegiatan imunisasi tersebut.

Gambar 2: Penjelasan pihak Puskesmas Bontosunggu Kota terkait kegiatan imunisasi.

Bapak kepala sekolah UPT SMA Negeri 9 Jeneponto,   Irwanto S.Pd., M.M. sangat mendukung kegiatan ini. Beliau mengatakan bahwa imunisasi ini adalah sebuah program yang bagus dikarenakan dapat mencegah remaja putri dari penyakit seperti tetanus difteri dan beliau bersyukur ada pihak yang dapat diajak bekerja sama dalam menangani masalah kesehatan.

Menurut informasi dari salah satu petugas kesehatan, yakni Bidan Riska yang bertugas dalam mengimunisasi, mengatakan bahwa salah satu target pemerintah dalam menyelenggarakan program ini yaitu mencegah adanya kelahiran bayi tetanus dan bayi stunting. Sehingga selain menjaga kekebalan tubuh wanita, imunisasi ini juga bermanfaat agar nantinya wanita dapat melahirkan keturunan yang sehat. Untuk di wilayah kerja Puskesmas Bontosunggu Kota, terdapat enam sasaran SMA, dan dari enam SMA tersebut baru dua SMA yang mendapatkan imunisasi yaitu UPT SMA 9 Jeneponto, dan SMA Al Amanah. 

Bidan Riska berharap agar sasaran sekolah di sekitar Puskesmas Bontosunggu Kota dapat mencapai target, yaitu semua wanita usia subur mendapatkam imunisasi agar kedepannya dapat terhindar dari macam-macam penyakit, seperti infeksi Tetanus Neonatorum.

Gambar 3: Siswi SMA Negeri 9 Jeneponto menunggu giliran imunisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini