Resmi Dilantik, 8 Jurnalis Muda SMA Negeri 9 Jeneponto Siap Hidupkan Literasi Sekolah.


Gambar 1: Foto bersama anggota baru Jurnalistik bersama alumni dan pembina ekstrakurikuler Jurnalistik.

Tri Putra Pangeran. Jeneponto-BACA. Minggu 30 Oktober 2023, pukul 09.39 WITA.

Resmi dilantik, 8 jurnalis muda SMA Negeri 9 Jeneponto siap hidupkan literasi sekolah. Jurnalistik UPT SMA Negeri 9 Jeneponto merupakan salah satu ekstrakurikuler yang tetap menjaga eksistensinya dengan tetap konsisten merilis berbagai berita aktual dan terpercaya seputar SMA Negeri 9. Berdiri sejak tahun 2019, di bawah bimbingan Ibu Nasridawaty, S.Pd., Gr, jurnalistik mampu bertahan dengan kuantitas keanggotaan yang minimal namun dengan kualitas karya yang maksimal. Dalam perjalanannya, Jurnalistik sudah menghasilkan kurang lebih tiga ratus artikel, puluhan video sinematik dan liputan, satu buah buku antologi, serta belasan edisi mading. Memasuki tahun kelima, Jurnalistik SMA Negeri 9 Jeneponto, di bawah kepemimpinan Mutia Khalidah, kembali melaksanakan Diklatsar (Pendidikan & Latihan Dasar) Anggota Baru yang dengan tema "The Process of Creating the Great Journalist". Diklatsar ini bertujuan untuk membentuk karakter, sikap, dan etika serta membekali siswa(i) dengan ragam pengetahuan seputar dunia literasi dan media hingga public speaking. 


Gambar 2: Pemberian materi seputar public speaking oleh Agus Ryanto Ade Putra.

Diklatsar yang diadakan pada hari Jumat - Sabtu (27-28/10) ini berjalan dengan lancar. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah UPT SMA Negeri 9 Jeneponto, Bapak Irwanto, S.Pd., M.M. Usai pembukaan dilanjutkan dengan materi Design Poster by Canva oleh Lutfiah Putri Hijrawati dan Muh. Nurfadilah.

Diklat hari kedua diisi oleh materi Selayang Pandang Ekstrakurikuler Jurnalistik, Teknik Dasar Penulisan Berita, serta Public Speaking. 

Menjadi menarik karena materi diisi oleh para alumni berprestasi SMA Negeri 9 Jeneponto, yakni Ibnu Qayyum Abdullah dan Agus Ryanto Ade Putra, S.A.P.

Gambar 3: Pengalungan id card kepada anggota baru ekstrakurikuler Jurnalistik.

Kegiatan ini ditutup dengan pengambilan sumpah dan pengalungan id card anggota baru Jurnalistik . "Semoga setelah dilaksanakannya kegiatan diklat serta perekrutan ini, adik-adik sekalian dapat terus bersinergi dalam membuat berita-berita terupdate dan memajukan Ekstrakurikuler Jurnalistik UPT SMA Negeri 9 Jeneponto semakin baik lagi kedepannya," ucap Mutia Khalidah, ketua Ekstrakurikuler Jurnalistik UPT SMA Negeri 9 Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini