Jalan Beriringan, Kearifan Lokal dan Kewirausahaan Lahir di Everbazart


Gambar 1: Suasana jual beli makanan dan minuman dari setiap stand.

Andi Sakinah Nur Annisa – Jeneponto BACA, Jumat, 13 Oktober 2023, 22.54 WITA.

Jalan beriringan, kearifan lokal dan kewirausahaan lahir di Everbazart. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah metode pembelajaran baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang berbasis proyek dengan berbagai tema. Salah satu temanya yaitu, "Kearifan Lokal" yang diharapkan mampu mencegah lunturnya budaya dan kearifan lokal di tengah masyarakat, dengan tumbuhnya rasa ingin tahu peserta didik akan budayanya sendiri.

Sebagai bentuk implementasi dari P5, SMA Negeri 9 Jeneponto persembahkan beberapa hasil proyek tari dari siswa(i) kelas X dengan tema kearifan lokal Sulawesi Selatan, seperti tari Ana' Dara, tari Tombak, tari Pakarena, dan lainnya. Selain itu, pada Everbazart (Everlasting Bazar and Art) kali ini, ditampilkan beberapa tim akustik dan menyanyi dari siswa(i), pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, di lapangan SMA Negeri 9 Jeneponto.

Gambar 2: Proyek P5 yang menampilkan tarian tradisional Indonesia.

Tema kewirausahaan tetap menjadi poin utama pada Everbazart, yang bertujuan memberikan kesempatan bagi siswa(i) untuk menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian di ruang lingkup masyarakat. Beberapa karya bosara, lukisan, makanan dan minuman disajikan bagi para pengunjung yang datang dari berbagai sekolah dan instansi, seperti pengawas bina SMA Negeri 9 Jeneponto, kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah VII Jeneponto, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jeneponto, Pimpinan PT. Bank BRI Cabang Jeneponto, Dandim 1425 Jeneponto, Babinsa Kec. Binamu, Dinas Koperasi dan UMKM Jeneponto, serta para kepala sekolah baik SD/MI, SMP/Sederajat, maupun SMA/SMK/Sederajat.

"Kegiatan ini diwarnai dengan pameran hasil kerajinan anak-anak sekaligus penampilan seni dan budaya yang sangat menginspirasi banyak orang untuk melakukan kegiatan kewirausahaan dan seni. Semoga ini terus berlanjut." Ucap bapak H. Nur Alim, S.E., M.A., selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Jeneponto.

Gambar 3: Para tamu undangan dan pengunjung Everbazart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini