Batik Day Fashion Show, SMA Negeri 9 Jeneponto Hidupkan Warisan Budaya Negeri


Gambar 1: Potret kegiatan fashion show dari tiap kelas di SMA Negeri 9 Jeneponto.

M. Fatur Rahman Batara - BACA, Jeneponto 6 Oktober 2023. Pukul 13.24 WITA.

Batik Day Fashion Show, SMA Negeri 9 Jeneponto hidupkan warisan budaya negeri. Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, serta Hari Kesaktian Pancasila, yakni 1 Oktober, OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto kembali mengadakan upacara bendera dan dilanjutkan dengan Pagelaran SMANSEL Batik Day Fashion Show. Setiap siswa diwajibkan mengenakan pakaian batik (bukan batik sekolah) sebagai bentuk apresiasi terhadap keragaman dan warisan budaya.

Batik pada dasarnya adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus, yakni dicanting. Batik tumbuh dengan keanekaragaman motif yang tentunya memiliki makna dari tiap goresannya. Batik merupakan warisan budaya negeri yang telah mendunia dan oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Gambar 2: Kegiatan upacara di hari Batik day. 

Sama seperti tahun sebelumnya, dalam menyemarakkan Hari Batik Nasional, seluruh warga SMA Negeri 9 Jeneponto diwajibkan mengenakan baju batik. Selain fashion show yang diikuti oleh para siswa dan guru-guru, juga terdapat lomba pembuatan video cinematic dengan konsep utama "batik". 
Disamping dua kegiatan tersebut, terdapat pula agenda tambahan yakni Nobar (nonton bareng )Film G30S/PKI yang dilanjutkan dengan lomba quizizz. 

Gambar 3: Pelaksanaan upacara peringatan Batik Day dan hari Kesaktian Pancasila.

"Kegiatan tahun ini tentunya tidak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini para guru juga ikut berperan dalam kegiatan fashion show. Meskipun dadakan, tapi tetap saja, penampilan para guru, cukup menghibur dan membuat situasi di lapangan pecah.", ujar Ibu Nasridawaty, S.Pd.,Gr.

Gambar 4: Kegiatan Fashion Show batik day oleh para guru-guru SMA Negeri 9 Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini