Selenggarakan Bakti Sosial, UKM Maphan UNM Undang SMA Negeri 9 Jeneponto Ikuti Talk Show Peduli HIV/AIDS dan Penyalahgunaan NAPZA



Gambar 1: Penyampaian materi terkait HIV/AIDS dan penyalahgunaan Napza oleh pemateri.

Mutia Khalidah, Jeneponto - BACA, Rabu 2 Agustus 2023, 16.04 WITA

Selenggarakan Bakti Sosial, UKM Maphan UNM Undang SMA Negeri 9 Jeneponto Ikuti Talk Show Peduli HIV/AIDS dan Penyalahgunaan Napza. Talk show ini bertemakan "Respon Pemuda dan Upaya Pemerintah Daerah Dalam Mewujudkan Kota Bebas HIV/Aids dan Penyalahgunaan Napza" yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Jeneponto, pada tanggal 31 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh wakil bupati Kab. Jeneponto, H. Paris Yaris, SE, komandan dandim kodim Kab. Jeneponto, Letkol. Inf. Muhammad Amin, S.I.P., Kasat Resnarkoba Polres Jeneponto, AKP Muh. Yusuf, M.H, perwakilan KNPI, dan para kepala dinas dari kab. Jeneponto. 

Gambar 2: Foto para pemateri bersama panitia Maphan Care.

Saat ini Kab. Jeneponto berada diposisi ketiga teratas, sebagai kabupatèn yang memiliki banyak ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dan penyalahguna napza. Melihat hal tersebut, mahasiswa UKM Maphan UNM yang merupakan suatu lembaga yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, turun langsung untuk melakukan intervensi dengan cara edukatif, ke setiap daerah-daerah di Sulawesi Selatan. UKM Maphan UNM sendiri telah rutin melakukan penyuluhan setiap setahun sekali di berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan dan tahun ini kabupaten Jeneponto menjadi kabupaten sasaran.

Terkait penanganan penyalahgunaan Napza, polres kabupaten Jeneponto telah melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah terdekat untuk memberikan edukasi dan larangan keras penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Sedangkan, Dinas Kesehatan juga telah mengerahkan beberapa langkah intervensi untuk mencegah penularan HIV/AIDS dengan memfokuskan orang-orang yang berisiko terkena, dan bekerja sama dengan KNPI untuk menghilangkan stigma negatif terkait HIV/AIDS yang tengah menyebar di masyarakat.

Pemerintah melakukan berbagai tahapan intervensi untuk menghindari penularan HIV/AIDS dan penyalahgunaan Napza di masyarakat, terutama pada kalangan remaja. Sebagai seorang remaja juga kita sepatutnya tidak terlibat, dan menghindari segala perilaku menyimpang yang hanya akan membawa pengaruh buruk bagi kita baik di masa kini maupun di masa depan nanti.
Gambar 3: Pemaparan materi oleh AKP Muh. Yusuf, M.H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini