Realisasikan P5, SMA Negeri 9 Jeneponto Hadirkan Panggung Inagurasi Pada Penutupan MPLS 2023


Gambar 1: Persembahan penampilan tari siswa(i) baru UPT SMA Negeri 9 Jeneponto.

Andi Sakinah Nur Annisa - Jeneponto BACA, 23 Juli 2023, 08.44 WITA.

Realisasikan P5, SMA Negeri 9 Jeneponto Hadirkan Panggung Inagurasi Pada Penutupan MPLS 2023. Beberapa dekade terakhir, tenaga pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari berbagai hal di luar kelas dapat membantu peserta didik berkembang dengan lebih baik. Gagasan tersebut pernah disampaikan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Bapak Ki Hadjar Dewantara. Untuk mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa tersebut, hadirlah Kurikulum Merdeka beserta inovasi-inovasi yang menyertainya dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar peserta didik. Melalui P5, Profil Pelajar Pancasila dapat diwujudkan dengan 6 dimensi utama, meliputi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.

Sebagai bentuk realisasi P5, SMA Negeri 9 Jeneponto hadirkan Panggung Inagurasi saat penutupan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), pada Kamis, 20 Juli 2023, di Lapangan SMA Negeri 9 Jeneponto dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Projek P5 dengan tema Kearifan Lokal direalisasikan oleh peserta didik baru dengan menampilkan tari tradisional. Sedangkan drama yang bertajuk Bully merupakan projek P5 yang bertema Membangun Jiwa dan Raga. Bentuk realisasi P5 lainnya ialah, tari kreasi, akustik, dance, hingga menyanyi.

Gambar 2: Persembahan dance oleh siswa(i) baru UPT SMA Negeri 9 Jeneponto.

Dengan adanya P5 ini, diharapkan mampu menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya dan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat dengan sifat yang kompeten, berkarakter, juga berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Gambar 3: Persembahan penampilan drama dari siswa(i) baru UPT SMA Negeri 9 Jeneponto. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini