Wajah Baru Literasi, Kominfo Gelar Sosialisasi Makin Cakap Digital 2023


Gambar 1: Para peserta didik sedang mendengarkan pemaparan materi.

Priska Amalia Nurfadilah, Jeneponto - BACA. Rabu, 24 Mei 2023. Pukul 11.00 WITA.

Wajah baru literasi, Kominfo gelar sosialisasi makin cakap digital pada Rabu, 24 Mei 2023 tepatnya pukul 09.00 WITA melalui room Zoom. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kominfo dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan serta Siber Kreasi.

Gambar 2: Pemaparan materi pertama, tentang "Budaya Bermedia Digital".

Kegiatan ini bertema "Chance and Challenge in Digital Era", lalu diisi dengan pemberian tiga materi, dimana materi pertama dibawakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan yaitu Dr. Harpansa P., MM. Materi yang beliau bawakan pada sosialisasi ini yaitu mengenai Budaya Bermedia Digital, pada materi tersebut beliau menjelaskan mengenai apa saja yang termasuk budaya digital, hubungan budaya digital dengan budaya pancasila, nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta mengenai hak-hak digital. 

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai sekolah SMA/sederajat yang ada di provinsi Sulawesi Selatan, tak terkecuali SMA Negeri 9 Jeneponto yang berada di Cabang Dinas Wilayah VII. Dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Selatan yaitu bapak H. Iqbal Nadjamuddin, S.E berharap agar kiranya kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada para peserta, dan beliau juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak penyelenggara yang berpartisipasi untuk menjalankan kegiatan ini.

Materi kedua yaitu mengenai Etika Digital, dibawakan oleh bapak Ibnu Novel Hafidz S.Sos., M.M., dan terakhir materi tentang Cakap Digital, yang dibawakan oleh Aina Masrurin. "Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan kami selaku para peserta didik mengenai digitalisasi di zaman ini. Semoga literasi digital di Indonesia semakin meningkat setelah kegiatan ini digelar", ujar Andi Arya Aqsa Pallawagau selaku salah satu peserta sosialisasi.

Gambar 3: Wawancara peserta kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini