Tingkatkan Sadar Pajak, KP2KP Bontosunggu Gelar Sosialisasi Tax Goes To School


Gambar 1: Sambutan oleh ketua KP2KP Bontosunggu.

Priska Amalia Nurfadilah. Jeneponto - BACA, 23 Mei 2023. Pukul 14.20 WITA

Tingkatkan sadar pajak, KP2KP Bontosunggu menggelar sosialisasi pada Selasa, 23 Mei 2023 yang berlokasi di SMA Negeri 9 Jeneponto. Sosialisasi ini merupakan kegiatan yang kerap digelar oleh KP2KP dengan nama kegiatan Tax Goes To School dan pada kesempatan kali ini tema yang diusung adalah ”Generasi Bayar Pajak, Mudah Berkreasi Membangun Negeri”.

Gambar 2: Menyanyikan lagu Indonésia Raya oleh para peserta sosialisasi.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari bapak Kepala UPT SMA Negeri 9 Jeneponto, Dahlan S.Pd., M.Pd serta Ketua KP2KP Bontosunggu yaitu bapak Aries Hartono Malik. Kegiatan disambut dengan antusiasme yang sangat luar biasa oleh seluruh peserta yang hadir, dalam hal ini yaitu para anggota OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto. Kegiatan diisi dengan pemberian materi mengenai pajak dan juga games menarik. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang pajak kepada para peserta didik sejak dini, diharapkan agar para peserta didik yang akan menjadi generasi penerus bangsa kelak dapat mengetahui peran atau manfaat pajak, dan juga betapa pentingnya kesadaran bayar pajak bagi masyarakat. 

Setiap warga negara harus memiliki kesadaran akan pajak. Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Hal ini tertuang dalam Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Sebagaimana Telah Beberapa Kali Diubah Terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009. Pajak yang merupakan salah satu sumber penerimaan negara harus mendapat perhatian khusus, disamping penerimaan negara bukan pajak dan penerimaan hibah.

”Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Direktorat Jendral Pajak. Kegiatan ini digelar untuk memberikan edukasi kepada adik-adik sekalian yang insya allah nantinya akan menjadi calon wajib pajak di negara kita", ujar bapak Aries Hartono Malik.

Gambar 3: Penampilan yel-yel oleh peserta sosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini