Tingkatkan Penghijauan, UPT SMA Negeri 9 Jeneponto Lakukan Penanam Sejuta Pohon Andalan


Gambar 1: Foto bersama keluarga besar SMA Negeri 9 Jeneponto setelah penanaman pohon di area sekitar sekolah.

Andi Sakinah Nur Annisa - Jeneponto Baca, 06 Mei 2023, 19.43 WITA

Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap penghijauan di lingkungan sekitar, pemerintah provinsi, dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Penanaman Sejuta Pohon sebagai bentuk realisasi dari salah satu program Andalan Gubernur Sulawesi Selatan, H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T., yaitu menciptakan lingkungan sekolah hijau produktif.

Program Andalan ini, dilaksanakan secara serentak oleh seluruh satuan pendidikan SMA, SMK, dan SLB, tepatnya pada hari Jumat, 5 Mei 2023. Adapun kriteria dari pohon yang ditanam yaitu pohon produktif atau pohon yang memiliki buah dan bermanfaat, seperti mangga, jambu, sirsak, pohon mahoni, dan lainnya.

Gambar 2: Prosesi penanaman pohon oleh siswa SMA Negeri 9 Jeneponto.

Menindaklanjuti hal tersebut, UPT SMA Negeri 9 Jeneponto turut berpartisipasi pada program ini dengan menyediakan kurang lebih 500 bibit pohon. Bersama kepala sekolah, guru-guru, serta siswa(i) UPT SMA Negeri 9 Jeneponto menanam pohon di beberapa lahan yang tersedia di lingkungan sekolah. Penanaman yang dilakukan, disaksikan secara online melalui via zoom oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Dr. Setiawan Aswad M.Dev., Plg., jajarannya dan juga sekolah lain.

Selain penanaman pohon, siswa(i) UPT SMA Negeri 9 Jeneponto juga masing-masing diberikan pohon produktif untuk ditanam di lingkungan rumah atau lahan yang dimiliki.

"Semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini, lingkungan sekolah bisa menjadi lingkungan yg hijau dan rindang sehingga warga sekolah nyaman berada di lingkungan sekolah, tentunya dengan merawat/memelihara dan menjaga dengan baik pohon yang telah ditanami. Dan juga sekolah kita bisa menjadi percontohan sekolah Adiwiyata." tutur Ibu Naimah, S.Pd. salah satu guru UPT SMA Negeri 9 Jeneponto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini