Hilal Sudah Terlihat, Saatnya Sambut Ramadhan Dengan Penuh Semangat


Priska Amalia Nurfadilah - Jeneponto, BACA. 24 Maret 2023. Pukul 08.06 WITA
Hilal sudah terlihat, saatnya menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat. Marhaban Ya Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terkhususnya bagi para umat muslim. Bulan suci ini tentu merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh para umat muslim. Pasalnya, dibulan inilah para umat muslim berlomba-lomba untuk mengerjakan amalan-amalan yang dapat menggugurkan dosa-dosa mereka.

Di bulan ini, para umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan suatu ibadah selama sebulan penuh yaitu, berpuasa. Ibadah puasa bagi sebagian orang mungkin sudah hal yang biasa saja. Namun, bagi orang-orang yang baru pertama kali menjalanakannya mungkin akan merasa tertantang. Pasalnya, berpuasa yang di maksud disini bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu untuk melakukan hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa kita.

Setelah berpuasa selama seharian penuh, tentu waktu yang paling dinanti-nanti adalah waktu berbuka. Untuk menyambut waktu berbuka ini, umat muslim biasanya menghabiskan waktu bersama dengan ngabuburit. Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman. Namun jangan salah, kegiatan ngabuburit ini juga bisa kalian isi dengan melaksanakan ibadah-ibadah yang sekiranya dapat menambah pahala puasa. Agar lebih bermakna, kegiatan ngabuburit dapat juga diisi sebagaimana dengan sunnah rasul seperti memperbanyak zikir, tadarrus (mengaji), mendengarkan kajian, bershawalat, dan lain sebagainya.

Selain ngabuburit, ada juga kebiasaan jalan-jalan subuh yang dilakukan selepas sholat Subuh dengan tujuan untuk menghilangkan rasa ngantuk sehingga tubuh menjadi lebih fresh dan semangat menjalani ibadah puasa. Tak hanya berpuasa, umat muslim biasanya juga mengisi bulan ini dengan melaksanakan ibadah lainnya seperti sholat Tarawih, dan lain-lain.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim. Semoga amal ibadah kita diterima di sisi-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini