Aksi Gebermas, OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto Keliling Masjid.


Gambar 1. Aksi Gebermas oleh siswa SMA 9 Jeneponto 

Abdul Ilah - Jeneponto Baca, 10 Maret 2023, 20.19 WITA

Aksi Gebermas, OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto keliling masjid. Kegiatan Gebermas atau Gerakan Bersih-Bersih Masjid (GEBERMAS), kembali dilakukan pada sabtu pagi, 04 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu program OSIS Divisi Keagamaan dalam bentuk kerja bakti. Beberapa masjid yang menjadi lokasi sasaran yakni Mesjid Ar-Raubah, Mesjid An- Nur, Musholla SLB, dan Musholla Sekolah.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Gebermas ini berfokus pada pembersihan seluruh area masjid, termasuk alat sholat, karpet, toilet, dan tempat wudhu. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam, dimulai dari pukul 10.00 WITA hingga pukul 12.00 WITA sebelum waktu dzuhur tiba.
Gambar 2. Foto siswa membersihkan area tempat wudhu

Dalam aksinya, para siswa membagi diri ke dalam empat kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan lima belas sampai tujuh belas orang. Kelompok-kelompok ini kemudian disebar pada empat titik yang telah ditentukan. 

Kegiatan sederhana namun sarat makna ini menuai dukungan positif dari berbagai pihak, utamanya dari pengurus ataupun jamaah masjid. Salah satunya datang dari marbot Masjid Ar-Raubah, Agang Je'ne. "Saya sangat senang karena ada siswa-siswa yang ingin membersihkan masjid, dimana masjid ini memang sangat jarang dibersihkan dikarenakan keterbatasan tenaga yang dimiliki.", ucapnya saat diwawancarai oleh tim BACA jurnalistik. 

Gambar 3. Foto siswa membersihkan area dalam Masjid

Gebermas merupakan perwujudan rasa cinta dan keimanan kepada Allah SWT. Terdapat banyak sekali manfaat dari program ini, diantaranya membantu tenaga kebersihan masjid, menjadikan masjid lebih nyaman untuk beribadah, serta melatih dan mendorong pemuda untuk lebih mencintai masjid sehingga akan tumbuh usaha untuk ikut meramaikan masjid dengan kegiatan kegiatan yang positif.
Gambar 4. Foto bersama anggota OSIS dalam aksi Gebermas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini