Resmi dilantik oleh KA.BKKBN, PIK-R SMA Negeri 9 Jeneponto Siap Jadi Penyuluh


Gambar 1: Acara berlangsung di aula SMP Negeri 1 Binamu

Nur Atisyah Syarif - BACA 
Jeneponto, 20 Desember 2022, 22.14 WITA

Resmi dilantik, PIK-R SMA Negeri 9 Jeneponto siap jadi penyuluh. Baru-baru ini,  Kamis, 15 Desember 2022, ABKIN (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) Kabupaten Jeneponto mengadakan kegiatan pelantikan pengurus PIK-R bekerja sama dengan BKKBN Kabupaten Jeneponto. Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang disingkat PIK-R adalah wadah kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja.

PIK-Remaja adalah kegiatan dari program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja). Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling mengenai kesehatan reproduksi dan juga tentang perencanaan kehidupan berkeluarga serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya bagi usia remaja. 

PIK-R merupakan sebuah program awal yang digagas oleh BKKBN dengan nama PIK-KRR (Pusat informasi Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja) pada. Program tersebut seharusnya sudah lama turun ke tingkat kabupaten/kota, sayangnya saat itu respon dari kabupaten/kota lain sangat lambat.

Pelantikan PIK-R yang berlangsung di aula SMP Negeri 1 Binamu ini mengundang seluruh SMP, SMA/SMK, MTS, serta MA Negeri dan Swasta untuk mengikuti berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 10.00 WITA sampai selesai.

Gambar 2: Prosesi pelantikan pengurus PIK-R

SMA Negeri 9 Jeneponto sendiri mengirimkan dua orang siswa untuk menghadiri pelantikan pengurus PIK-R yang dipimpin langsung oleh kepala BKKBN Kabupaten Jeneponto, dr. Iswan Sanabi, yaitu  Sri Dewi Nasrawati dan Ayu Octavia.  diikutkan dalam kegiatan PIK-R ini. 

Kegiatan PIK-R ini diharapkan dapat memberi banyak hal tentang rezeki, kehidupan, hingga sumber ilmu yang salah satu programnya yang sangat bermanfaat yakni Program Life Skill.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini