Semangat GJS, Program Unggul OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto


 Aulia Akbar Tawang - Jeneponto BACA, 22 November 2022, 20.13 WITA.

Semangat gelar GJS, program unggul salah satu divisi OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto. Sudah menjadi rutinitas, kegiatan GJS (Gerakan Jumat Sedekah) di SMA Negeri 9 Jeneponto terakomodir dengan baik di bawah naungan OSIS, khususnya dari Divisi Keagamaan). Kegiatan GJS ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berbagi dan welas asih sebagai salah satu bentuk karakter unggul pada siswa(i) SMA Negeri 9 Jeneponto.

Kebiasaan sedekah jumat ini tidak lepas dari Surat Edaran Gubernur Pemerintah Sulawesi Selatan tentang Gerakan Pelajar Andalan Peduli, dimana salah satu poin utamanya adalah instruksi sedekah di hari Jumat. Diyakini bahwa kebiasaan berbagi sejak dini akan memberi imbas positif bagi perkembangan kepribadian siswa itu sendiri. Adapun nominal yang disumbangkan dalam kegiatan GJS ini tidak memiliki standar minimal, bergantung dari keadaan siswa itu sendiri.

Sejauh ini, dana yang terkumpul diperuntukkan bagi siswa lingkungan sendiri yang teridentifikasi membutuhkan ataupun korban bencana. Kegiatan rutin ini secara perlahan menjadikan siswa mulai terbiasa sehingga tidak lagi enggan ataupun berat hati saat ingin bersedekah. Tentunya hal ini merupakan dampak positif yang diharapkan. Terlepas dari SE Gubernur maupun program sekolah, amalan bersedekah ini memang sudah di anjurkan dalam agama sebagai seorang muslim. Dan Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini