Jelajah Ruang, SMA Negeri 9 Jeneponto Touring di TVRI Sulsel


Zalwa Kirania Adha - BACA
Jeneponto, 16 November 2022, 20.19 WITA

Jelajah ruang, SMA Negeri 9 Jeneponto touring di TVRI Sulsel. Pada tanggal 9 November 2022, SMA Negeri 9 Jeneponto mengadakan kunjungan media ke TVRI yang berlokasi di Jl. Pajonga Dg. Ngalle No.14,  Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Ekstrakurikuler Jurnalistik yang bekerjasama dengan Ekstrakurikuler Pandu Digital dalam upaya  mengembangkan wawasan dan pengetahuan siswa terkait media penyiaran.

Kunjungan Media kali ini didampingi langsung oleh bapak Enoswandi S. Pd., Gr, selaku Pembina OSIS, ibu Nasridawaty, S. Pd., Gr, selaku pembina Ekstrakurikuler jurnalistik, bapak Baharuddin, S. Pd, selaku pembina Ekstrakurikuler Pandu Digital, serta beberapa guru lainnya.

Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan jaringan televisi berskala nasional pertama di Indonesia yang memonopoli siaran televisi hingga tahun 1989 sejak mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962 serta berstatus sebagai Lembaga Penyiaran Publik bersama Radio Republik Indonesia.

Pada kunjungan pekan lalu tersebut, para staff TVRI menyambut baik kedatangan rombongan siswa(i) SMA Negeri 9 Jeneponto. Didampingi oleh ibu Linda, staff bagian teknisi, rombongan diberi penjelasan mengenai sejarah TVRI, pembagian tugas para staff dan kru dan proses publishing sebuah program.

Setelah sesi pemaparan dan sesi tanya jawab, rombongan siswa SMA Negeri 9 Jeneponto lalu diajak berkeliling ke seluruh ruangan. Dimulai dari studio 1, yakni ruang siaran berita harian dan broadcasting. Lanjut ke ruang teknis penyiaran yang didalamnya terdapat beberapa komponen mulai dari pengaturan musik sub title berita yang tayangkan, pengaturan waktu tayang dan juga sumber keluarnya berita serta edit-edit berita. Setelah dari ruangan teknis, ruang selanjutnya adalah ruang editor, ruang redaksi, dan terakhir ruangan pemancar. Ruangan ini merupakan sentral dari seluruh program penyiaran di TVRI. Ruangan ini dipenuhi oleh mesin dengan temperatur suhu yang diatur agar tetap stabil demi meminimalisir kerusakan mesin, mengingat seluruh mesin di ruang tersebut merupakan produksi luar negeri.

Editor : Priska Amalia Nurfadilah
https://www.instagram.com/p/ClBYfjfyqco/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini