Selamat Tinggal Kertas: “Welcome to E-Patta’ba (Aplikasi Pembelajaran Digital SMAN 9 Jeneponto)”


Gambar: Tampilan Aplikasi E-Patta'ba pada handphone android

Abdul Ilah- Jeneponto  BACA, 30 November 2022, 11.10 WITA

Selamat tinggal kertas, welcome to E-Patta’ba : aplikasi pembelajaran digital SMA Negeri 9 Jeneponto. Baru-baru ini SMA Negeri 9 Jeneponto meluncurkan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis digital dengan nama E-Patta’ba. Aplikasi yang dibuat oleh Pak Winarso, S.Pd ini merupakan sebuah terobosan baru di SMA Negeri 9 Jeneponto yang mengacu pada tuntutan kurikulum merdeka mengenai digitalisasi sekolah. Digitalisasi sekolah pada dasarnya merupakan proses percepatan penyiapan pelajar-pelajar Pancasila sebagai tunas-tunas bangsa, juga merupakan implementasi dari new learning yang disiapkan untuk menghadapi revolusi industri. 

Aplikasi ini mulai digunakan secara serentak oleh seluruh warga sekolah bersamaan dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester 1 (PAS 1) pada tanggal 28 November 2022 yang kini berbasis digital. Aplikasi ini sangat berbeda dengan google form dimana google form tidak bisa mendeteksi kecurangan pada saat ujian tengah berlangsung. Beda halnya dengan E-Patta’ba, aplikasi ini didesain untuk dapat mendeteksi jika ada yang melakukan tindak kecurangan saat ujian, seperti keluar dari aplikasi lalu mencari jawaban di google, ataupun membagi dua layar. E-Patta’ba akan mereset jawaban siswa jika melakukan tindakan tersebut dan seluruh rangkaian ujian bisa diamati secara daring oleh proktor. 



 Gambar: siswa melaksanakan penilaian Semester dengan menggunakan Aplikasi E-Patta'ba (Ruang Ujian XI MIPA 3)

Adapun fitur-fitur yang ada pada aplikasi E-Patta’ba adalah yaitu simulasi ujian, PAS ganjil, dan kegiatan pembelajaran. Di dalam fitur simulasi maupun PAS, siswa akan memilih kelas, setelah itu memasukkan user name dan passcode yang telah ditentukan oleh admin. Sementara itu, di dalam fitur kegiatan pembelajaran terdapat semua kelompok mata pelajaran mulai dari kelompok wajib, kelompok peminatan, dan juga bimbingan konseling.

Selain tuntutan kurikulum, aplikasi E-Patta’ba ini juga merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang ramah lingkungan. E-Patta’ba mendukung program WHO untuk senantiasa ramah lingkungan. Pembelajaran berbasis aplikasi memberikan kontribusi yang besar terhadap penghematan penggunaan kertas demi menjaga bumi agar tetap hijau. Digitalisasi, bentuk modernitas yang memanusiakan manusia untuk senantiasa menjaga alam dari kemungkinan rusaknya bumi disebabkan hancurnya ekosistem dan kontaminasi udara akibat emisi besar-besaran.

Untuk mendapatkan aplikasinya silahkan tekan tombol download berwana merah dibawah ini.

Aplikasi Gratis E-Patta'Ba_1.2.Apk


Editor: Nasridawaty 

1 komentar:

Ayo tulis komentar anda disini