Nobar Film G30S/PKI, Aksi Menolak Lupa



Putri Nurafifah Salwa- BACA, 2 Oktober 2022, 22.12 WITA

Memperingati hari G30S/PKI, SMA Negeri 9 Jeneponto adakan nonton bareng sebagai aksi menolak lupa, yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022. Diikuti oleh perwakilan setiap kelas, kegiatan nonton bareng ini menyulap salah satu ruang kelas menjadi room teater.

Adapun kegiatan dimulai dari pemberian sambutan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Jeneponto yang baru, bapak Dahlan, S.Pd., M.Pd. sekaligus membuka acara nobar 

Berjalan secara khidmat, film dengan durasi 271 menit ini merupakan judul film dokudrama propaganda Indonesia tahun 1984. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. Film G30S/PKI ini merupakan film yang mengisahkan tentang peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain agar siswa(i)  mengingat sejarah kekejaman PKI di masa lalu. Siswa(i) juga dapat mengenal lebih jauh mengenai anti-komunis, dan lebih berpegang teguh pada ideologi Pancasila.

Setelah film selesai ditayangkan, seluruh siswa yang ikut menonton  diberikan kesempatan untuk membuat resume mengenai film G30S/PKI tersebut.

Kegiatan nonton bareng ini, sekalipun sederhana namun cukup memberi kesan yang mendalam utamanya pada peserta didik. Aksi menolak lupa dalam bentuk pemutaran film tentunya bisa menjadi salah satu  alternatif dalam upaya membentuk pribadi yang kokoh, berjiwa patriotisme,  serta senantiasa ingat pada sejarah bangsa.

Editor: Nurul Ilmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini