Amalkan Sedekah, GJS Menjadi Salah Satu Pembiasaan Membentuk Karakter Unggul SMA Negeri 9 Jeneponto.



Priska Amalia Nurfadilah – Jeneponto BACA, 07 Oktober 2022, 14.48  WITA

Jalankan amalan bersedekah, SMA Negeri 9 Jeneponto rutin gelar kegiatan Gerakan Jumat Sedekah (GJS) sebagai salah satu metode pembentuk karakter unggul. Kegiatan Jumat  sedekah yang digelar setiap hari jumat setelah apel pagi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas arahan oleh bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan para peserta didik untuk senantiasa berbagi sejak dini, membentuk kepribadian yang peka, serta membentuk karakter peserta didik menjadi lebih humanis. 
Dalam kegiatan ini, tidak ada patokan nominal jumlah sedekah yang ditetapkan. Besaran jumlah sumbangan, bergantung dari siswa masing-masing tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Dana yang terkumpul dari kegiatan GJS  ini nantinya akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti korban bencana ataupun siswa yang kurang mampu. Antusiasme para warga sekolah dalam menjalankan kegiatan ini sangat luar biasa dan mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh warga sekolah.

Bapak Khairuddin Hamid S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab dari kegiatan ini menjelaskan mengenai alur penyaluran dana sedekah. Dalam wawancaranya, bapak Khairuddin Hamid, menjelaskan bahwa perlu dilakukan pendataan terhadap siswa yang kurang mampu untuk selanjutnya dilakukan penyaluran. Terkait dengan bencana alam maupun bencana sosial, dana sedekah juga bisa diberikan melalui kerja sama dengan ketua siaga bencana Palang Merah Indonesia Kabupaten.
 
Amalan bersedekah sendiri merupakan salah satu amalan yang sudah sepatutnya kita jalankan terutama sebagai seorang kaum muslim. Dalam islam, di jelaskan bahwa setiap orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di akhirat kelak dan akan dihapuskan dosa-dosanya. Oleh karena itu, amalan bersedekah menjadi salah satu amalan yang cukup penting untuk dijalankan.
https://www.instagram.com/p/CjZyp3IrWP2/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini