Adakan GEMA 30S PKI, SMANSEL Menolak Lupa


St. Annisa Ainiyyah Nurdin. Jeneponto-BACA. Selasa, 1 Oktober 2024. Pukul 19.17 WITA.

Adakan GEMA 30S PKI, SMANSEL menolak lupa. Pada 30 September 2024, SMAN 9 Jeneponto mengadakan GEMA 30S PKI atau Gerakan Mengenal Sejarah 30S PKI. Kegiatan memperingati G30S PKI diadakan setiap tahunnya. Namun, kegiatan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun-tahun sebelumnya hanya kegiatan nonton bareng, sedangkan tahun ini kegiatannya lebih menarik yaitu talkshow interaktif dan dibekali oleh pemateri yang luar biasa. Tujuan kegiatan ini bukan hanya sekedar mendengarkan materi, tetapi kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang peristiwa sejarah G30S PKI, latar belakang politik serta dampaknya terhadap Indonesia. 

Gambar 1: Dokumentasi penyampaian materi oleh Letda Cba Hasanuddin (Pasi Ter Kodim 1425/Jp).

Pada kegiatan GEMA 30S PKI ini, setiap kelas mengirimkan 5 orang perwakilan. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian sambutan oleh Bapak Irwanto, S.Pd., MM, selaku Kepala Sekolah UPTD SMAN 9 Jeneponto. Setelah itu, ada persembahan Puisi Kebangsaan oleh salah seorang siswi SMAN 9 Jeneponto. Masuk ke kegiatan inti yakni talkshow interaktif bersama Letda Cba Hasanuddin (Pasi Ter Kodim 1425/Jp). Para siswa(i) SMAN 9 Jeneponto sangat bersemangat saat pemberian materi. 

Gambar 2: Dokumentasi Persembahan lagu Laskar Pelangi dan Gugur Bunga oleh Paduan Suara SMAN 9 Jeneponto

Melalui kegiatan ini, peserta dapat belajar tentang pentingnya ideologi, dinamika kekuasaan, dan bagaimana hal ini memengaruhi kebijakan negara serta masyarakat. Persembahan lagu Laskar Pelangi dan Gugur Bunga oleh Paduan Suara SMAN 9 Jeneponto juga menambah kemeriahan kegiatan ini. Tak hanya itu, diadakan pula lomba poster yang diumumkan diakhir acara . Juara 1 diraih oleh kelas XII MIPA 2,  Juara 2 diraih oleh kelas X Mattewakkang, dan Juara 3 diraih oleh XII MIPA 3. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama. 

Gambar 3: Dokumentasi persembahan Puisi Kebangsaan oleh salah seorang siswi SMAN 9 Jeneponto

"Pesan saya kepada semua, bahwasanya belajar lebih giat, taat kepada orang tua, guru di sekolah, dan lebih semangat untuk belajar. Raih cita-cita dan impian. Semoga SMAN 9 Jeneponto terus memperingati peristiwa G30S PKI agar semua orang bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini", ucap Bapak Muhlis Amin selaku salah satu TNI AD yang hadir dalam kegiatan GEMA 30S PKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini