SMA Negeri 9 Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Melalui English Club


Aulia Nurul Hidayah Sufiina Ahmad. Jeneponto - Baca. Jumat 27 Juli 2024. Pukul 08.46 WITA.

SMA Negeri 9 Tingkatkan Skill Bahasa Inggris Melalui English Club. Ekstrakulikuler English Club merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 9 Jeneponto. Ekstrakurikuler English Club bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa(i) dengan menekankan pada kemampuan berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

Gambar 1: Foto bersama anggota Ekstrakurikuler English Club

Salah satu bentuk praktis yang dilakukan yaitu "How to become a good master of ceremony", materi ini bertujuan untuk melatih para siswa(i) menjadi pembawa acara yang baik, dalam praktek nya beberapa siswa di tunjuk untuk maju ke depan berperan selaku MC (Master of Ceremony) dalam sebuah acara. 

Gambar 2: Dokumentasi kegiatan Ekstrakurikuler English Club

Selain itu English Club juga menerapkan metode permainan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. Games/permainan yang sering kali dimainkan di Ekstrakurikuler English Club yakni BINGO. Games ini dimainkan secara berkelompok, di mana setiap kelompok akan menggambar beberapa kotak di atas kertas lalu menuliskan beberapa kata yang berhubungan dengan tema permainannya. Setiap ketua kelompok games ini akan menyebutkan beberapa kata terkait tema, lalu para peserta akan menandai kata yang ada di kertas mereka sesuai dengan tema yang disebutkan. Kelompok pertama yang berhasil mendapatkan pola vertikal, horizontal, atau diagonal akan menjadi pemenangnya. Selain itu English club juga biasa memainkan games bernama "English Puzzle".  Permainan English Puzzle ini mirip dengan permainan teka-teki silang. Master Games akan memberikan clue, lalu kelompok yang paling banyak memperoleh poin akan menjadi pemenangnya.

Pemberian Video pembelajaran dan games inilah yang mengasah dan  meningkatkan skill para anggota English Club. Di tahun ajaran baru ini, anggota ekstrakulikuler English Club siswa baru yang bergabung sebanyak 27 siswa, saat ini English Club memiliki anggota sebanyak 63 siswa. "Di tahun ajaran baru saya berharap semoga para anggota baru dapat merasa nyaman bergabung di ekstrakurikuler English Club dan saya sangat berharap mereka dapat meningkatkan berbahasa inggris mereka" ucap Alya Zafira Alamsyah selaku ketua ekstrakulikuler English Club.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini