Hapuskan Buta Aksara Qur'an, SMA NEGERI 9 Jeneponto Adakan Kelas Tahsin dan Tahfidz


Putri Nurul Ekayanti Lestari.  Jeneponto - BACA. Selasa, 30/07/2024 . Pukul 16.15 WITA

Hapuskan buta aksara Qur'an, SMA Negeri 9 Jeneponto adakan kelas Tahsin dan Tahfidz.
Program penghapusan buta aksara Qur'an oleh SMA Negeri 9 Jeneponto telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dibawah naungan ekstrakurikuler Geshaqu. Ekstrakurikuler Geshaqu (gerakan siswa hafal Qur'an) adalah ekstrakurikuler yang mengajarkan tentang ajaran Islam dimana, para siswa-siswi akan diajarkan mengenai Al-Qur'an.

Gambar 1: Dokumentasi wawancara bersama Wahyu Lailatul Qadri

Adapun jenis-jenis kegiatan yang sering dilakukan pada saat ekstrakurikuler sedang berlangsung adalah tahsin dan tahfidz. Tahsin adalah proses memperbaiki cara membaca Al-Qur'an dengan lebih baik, sesuai dengan tajwid dan makhrajnya, sedangkan tahfidz adalah program penghafalan ayat-ayat suci Al-Qur'an. 

"Ada sekitar 30 anggota baru yang bergabung tahun ini", ucap Ketua Geshaqu Wahyu Lailatul Qadri. Bisa mengaji dan menghafal dengan baik adalah harapan ketua Geshaqu kedepannya pada anggota yang baru bergabung. ada tiga orang yang sama sekali buta aksara dan masih ada sekitar tujuh orang yang terbata-bata dalam melantunkan ayat suci Al-Qur'an. oleh karena itu,  dengan di adakan nya tahsin dan tahfidz ini akan menjadi acuan untuk para anggota tersebut dalam memperbaiki bacaan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini