Alumni Balik Kampung, Ade Isaura Tiara Gaungkan Universitas Indonesia


Fatur Rahman Batara. Jeneponto - BACA. Senin, 29 Januari 2024. Pukul 19.09 WITA

Alumni balik kampung, Ade Isaura Tiara gaungkan Universitas Indonesia di SMAN 9 Jeneponto pada Jumat, 26 Januari 2024. Sosialisasi ini membahas tentang perguruan tinggi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru yang dibawakan oleh Ade Isaura Tiara yang merupakan lulusan SMAN 9 Jeneponto tahun 2021 dan saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Jurusan Akuntasi.
Gambar 1: Sosialisasi yang dilakukan oleh tiara terkait Universitas Indonesia

Pada kegiatan tersebut, Tiara memberi penjelasan terkait jurusan serta fakultas yang ada di UI. Tiara menyampaikan beberapa tips untuk bisa lolos masuk perguruan tinggi idaman jalur SNBP seperti grafik peningkatan nilai selama lima semester serta konsistensi untuk terus mengasah kemampuan dengan mengikuti beragam kegiatan lomba yang diadakan oleh Kementerian seperti Olimpiade Sains Nasional, Lomba Empat Pilar DPR-RI, ataupun Parlemen Remaja (Parja). Selain itu, para siswa juga didorong untuk terus fokus belajar dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) sebagai langkah strategis jika tidak lulus dalam SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi).

Selain itu Tiara juga menyampaikan bahwa dunia kampus, terdapat banyak beasiswa yang dapat meringankan mahasiswa yang memiliki kendala finansial. di UI menyediakan dormitory (asrama) bagi mahasiswa dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau yakni dimulai dari kisaran Rp.200.000,00 sampai Rp.500.000,00 per bulan. Selain itu, untuk memudahkan aksesibilitas, terdapat bis kuning UI yang dapat digunakan oleh mahasiswa secara gratis menuju antarfakultas.

Gambar 2: Hadiah diberikan kepada peserta didik yang menjawab atau mengajukan pertanyaan.

Selama kegiatan berlangsung, para siswa(i) sangat menunjukkan keantusiasannya. Dimana pada sesi tanya jawab, setiap peserta didik yang bisa menjawab ataupun memberikan pertanyaan diberikan hadiah yang sangat menarik seperti tumbler, totebag, gantungan kunci, dan topi dengan berlogokan Universitas Indonesia. 

Tiara menyampaikan rasa senangnya karena dapat datang kembali ke tempat ia belajar sebelumnya dan mengenalkan Universitas Indonesia kepada siswa(i) SMAN 9 Jeneponto. Tiara juga turut berpesan agar siswa(i) mempersiapkan diri mereka untuk masuk perguruan tinggi impian mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini