Gelar Pencegahan Stunting, PKM Bontosunggu Kota Adakan Sambangi UPT SMA Negeri 9 Jeneponto


Gambar 1: Penyelenggaraan Germas oleh Puskesmas Bontosunggu dan Dinas Kesehatan Kab. Jeneponto 

Fatimah Azzahrah - BACA. Rabu, 16 November 2023, pukul 16. 28 WITA

Gelar pencegahan stunting, PKM Bontosunggu Kota adakan sambangi UPT SMA Negeri 9 Jeneponto. Tepat pada Rabu, 15 November 2023, petugas Puskesmas Bontosunggu Kota berkunjung ke SMA Negeri 9 Jeneponto untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan, khusus kelas X.  

Pemeriksaan yang dilaksanakan, berkaitan dengan salah satu program pemerintah, yaitu Pencegahan Stunting. Kegiatan ini juga bersifat wajib untuk diikuti oleh seluruh siswa(i). Kegiatan pemeriksaan ini, bertujuan agar petugas kesehatan sekitar dapat mengetahui dan mengecek kesehatan para remaja yang termasuk pada kawasan pekerjaaan mereka. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan mata, telinga, hingga mulut, serta pemeriksaan Hb (Hemoglobin) untuk seluruh siswi. 

Gambar 2: Prosesi pemeriksaan kesehatan dari tim Puskesmas Bontosunggu.

Selain pemeriksaan, petugas kesehatan Puskesmas Bontosunggu Kota juga memberikan arahan atau edukasi terkait bahaya anemia di kalangan remaja. Setelah itu, mereka membagikan tablet penambah darah untuk para siswi sebagai upaya menghindari penyakit anemia, karena banyak dampak yang akan terjadi apabila seseorang kurang darah. 

Tidak sampai di situ, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelaksanaan aktivitas fisik, yaitu senam bersama, dan pembagian makanan bergizi, serta tablet tambah darah dalam rangka Aksi Bergizi, pada Kamis, 16 November 2023. 

"Diharapkan kepada para siswi SMA Negeri 9 Jeneponto untuk tidak menyianyiakan tablet penambah darah yang diberikan, karena ini merupakan niat baik dari pemerintah dan juga akan berpengaruh bagi kesehatan terutama pada saat proses pembelajaran," ujar Bapak Irwanto, S.Pd., M.M., selaku Kepala UPT SMA Negeri 9 Jeneponto.

Gambar 3: Senam bersama siswa(i) SMA Negeri 9 Jeneponto bersama tim dari Dinas Kesehatan Kab. Jeneponto 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini