Debat Kandidat Pilketos: Sampah Jadi Tranding Topic


Gambar: Suasana Debat Pilketos SMA Negeri 9 Jeneponto 

Aulia Akbar Tawang – Jeneponto BACA, 6 Desember 2022, 10:59 WITA

Debat kandidat pilketos: sampah jadi tranding topic . Dalam rangka memeriahkan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto, Majelis Perwakilan Kelas melaksanakan Debat Kandidat, pada hari Selasa, 6 Desember 2022. Debat kandidat antar calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua  OSIS ini berjalan dengan lancar.  Debat ini bertujuan agar para  calon pemilih, dalam hal ini para siswa, dapat lebih memantapkan pilihan mereka terhadap calon pemimpin organisasi siswa terbesar di masa yang akan datang. Antusiasme para siswa dalam mendengarkan visi misi, aspirasi, juga inspirasi dari para kandidat cukup tinggi. 

Terdapat tiga pasangan calon yang akan mengikuti kegiatan debat ini, yakni pasangan calon nomor urut 01, Muh. Qadar Khaliq Ramadhan dan Muh. Reski Wahyu Hidayat Amir; pasangan calon nomor urut 02, Muh. As'ad Habib dan Muh. Rinradi Faedal Hutama; dan terakhir, pasangan calon nomor urut 03 yaitu Alya Lutfiyah Amin dan Andi Sakinah Nur Annisa.

Debat  dilakukan dalam empat sesi. Sesi pertama dimulai dengan penyampaian visi misi dari para calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua  OSIS SMA Negeri 9 Jeneponto. Selanjutnya, sesi kedua dilakukan dengan menjawab pertanyaan dari Sekertaris Bidang Majelis Perwakilan Kelas, dilanjutkan dengan sesi ketiga yaitu sesi tanya jawab dengan Pembina MPK dan OSIS, Guru, Kepala UPT, dan para Audience. Debat diakhiri dengan  sesi terakhir yaitu menjawab pertanyaan umum dari para calon pemilih.  
Gambar: Dewan guru mendengarkan visi kisi paslon


Dalam sesi debat tersebut, Bapak Kepala UPT SMA Negeri 9 Jeneponto, Bapak Dahlan S, Pd. M, Pd., memberikan pertanyaan kepada para kandidat terkait langkah komplit dalam mengatasi permasalahan sampah di SMA Negeri 9 Jeneponto. “Kami akan mengadakan dua lomba yaitu lomba kreasi daur ulang dan lomba kreasi keindahan kelas”, ujar paslon 01 sebagai langkah strategis dalam mengelola sampah. Sementara itu paslon 02 lebih mengarah kepada konsep 3R (Reduce, Re-use, dan Recycle,) dengan memaksimalkan pada fungsi Divisi LHR dalam hal pembuatan Bank Sampah. Terakhir, dalam upaya pengelolaan sampah, paslon 03 akan membuat dua tempat sampah dan memilah sampah organik dan anorganik untuk kemudian diolah kembali  menjadi pupuk untuk sampah organik dan daur ulang untuk sampah anorganik.
Gambar: Pemaparan visi misi oleh pasangan calon
Debat yang berlangsung kurang lebih selama dua jam ini, dinilai cukup untuk menggali sejauh apa potensi, kreativitas, dan kemampuan setiap pasangan calon dalam memberikan inovasi dan mengelola sebuah organisasi. Diharapkan kedepannya, siapapun yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022-2023 dapat bekerja maksimal dan membawa SMA Negeri 9 Jeneponto ke arah yang lebih baik lagi, berprestasi, berimtaq dan tentunya berkarakter unggul.

Editor: Priska Amalia Nur Fadhilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini