Seru! Belajar Sejarah Lewat Podcast, Metode Cerdas Pembelajaran, Implementasi Kurikulum Merdeka


Andi Sakinah Nur Annisa- Jeneponto, BACA, 30 Oktober 2022, 20:24 WITA

Seru! Belajar Sejarah Lewat Podcast,  Metode Cerdas Pembelajaran, Implementasi Kurikulum Merdeka. Guru Sejarah SMA Negeri 9 Jeneponto, Pak Winarso, S.Pd, Gr., meluncurkan metode pembelajaran yang unik dan kreatif, yaitu Metode Pembelajaran Podcast yang mulai diterapkan pada Jumat, 28 Oktober 2022, di Ruang Multimedia SMA Negeri 9 Jeneponto.

Pada era modern ini, metode pembelajaran dapat dikembangkan melalui berbagai perangkat digital. Sama halnya dengan nilai-nilai Kurikulum Merdeka Belajar, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa(i) untuk lebih relevan dan interaktif dalam mengeksplorasi berbagai perangkat belajar. Selain dari itu, guru juga diberikan perangkat ajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Sebagai bentuk implementasi dari kurikulum merdeka belajar, Pak Winarso juga terinspirasi dari model pembelajaran Smart School Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. Maka dari itu, beliau menerapkan metode podcast dalam pembelajarannya. Teknik ini diserap melalui presentasi sejarah yang dilakukan oleh siswa(i) dengan memanfaatkan mikrofon serta komputer yang disediakan.

"Sebagai guru, saya memberikan arahan, inspirasi, motivasi, dan fasilitas, juga masukan-masukan agar presentasinya terlihat bagus," ucap Pak Winarso. Dengan menerapkan metode ini, semua siswa(i) diharapkan lebih aktif, kreatif, dan interaktif tanpa mengurangi indikator atau capaian dan tujuan pembelajaran.

"Sebenarnya banyak metode atau teknik pembelajaran sejarah, termasuk lawatan ke situs-situs sejarah, namun kali ini saya memilih teknik ini, karena relevan dan sesuai perkembangan zaman," lanjut Pak Winarso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini