Hidupkan Semangat Bung Tomo, SMA Negeri 9 Jeneponto Turut Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94




Aulia Akbar Tawang-BACA Jeneponto, 30 Oktober 2022, 20:28 WITA

SMA Negeri 9 Jeneponto ikut serta memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan melaksanakan upacara pada hari Jum'at 28 Oktber 2022. Peringatan Sumpah Pemuda ini merupakan momen bersejarah pergerakan organisasi pemuda dalam rentetan sejarah NKRI. 

Pada tahun ini, hari Sumpah Pemuda diperingati dengan mengangkat tema Bersatu Bangun Bangsa. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Lahirnya Sumpah Pemuda bermula dari Kongres Pemuda II yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda, diantaranya Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.
Kongres ini dilaksanakan di tiga gedung serta tiga rapat yang berbeda untuk menghasilkan Sumpah Pemuda yang menjadi ikrar bagi para pemuda di Indonesia.

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda: [1] Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia. [2] Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. [3] Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.Naskah orisinil diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo tulis komentar anda disini